belajar untuk apa?

Sering sekali kita mendengar lontaran seperti ini, sekolah, kuliah ato belajar itu untuk cari duit. Memang tidak salah tapi bagi saya itu bukan hal yang benar juga. Kenapa?

Hari ini saya membaca di sebuah web, ada lulusan PhD dari negara tetangga memilih untuk jadi guru SD. Setelah membaca artikel itu, saya langsung ingat teman saya yang memiliki mimpiyang sama. Dan dari keterangan pada web tersebut dia mengatakan “menjadi guru SD lebih menarik karena dapat mengenal langsung anak-anak dan meletakkan dasar pengajaran kepada mereka”….”Mengajar anak-anak SD ini sungguh menyenangkan, saya ingin berelasi dengan mereka dan meletakkan dasar” Dan benar2 sama dengan yang teman saya sampaikan pada saya waktu itu.

Dari teman saya itulah pikiran saya terbuka, bahwa memang terlalu kolot jika menganalogikan sebuat usaha mencari ilmu dengan tujuan mencari kerja SAJA. Memang tujuan setiap orang berbeda-beda, dan menjadikan ilmu (sekolah) sebagai awal mendapat ilmu untuk kemudian diaplikasikan pada pekerjaan memang hal yang sangat baik. Tapi menjadikan ilmu sebagai batasan tertentu, menurut saya terlalu konvensional.

Contoh:

jika ada seorang sarjana teknik kamudian bekerja sebagai penjual roti di pinggir jalan maka kebanyakan orang (tidak semuanya), akan berpikir ” kok sarjana teknik jualan, eman ilmunya”

atau

seorang pemilik gelar master dari universitar ternama, memilih menjadi petani. Kebanyakan orang berpikir “ngapain sekolah tinggi-tinggi kalo akhirnya jadi petani. Lulusan SD aja bisa nyangkul, ga perlu sekolah tinggi-tinggi”

Rasanya sakit sekali mendengar pikiran2, pendapat dan lontaran seperti itu. Klo boleh meminjam kata2 saykoji SO WHAT, GITU LOH!

Saya dulu, waktu awal2 kuliah (waktu masih maba), pernah bertanya pada seorang dosen (yang ternyata pada akhirnya, beliau menjadi dosen pembimbing TA saya), “ketika saya lulus nanti saya jadi apa dengan jurusan yang saya pilih?“. Dan beliau menjawab, “jangan menjadikan sebuah jurusan dan ilmu sebagai ukuran kamu untuk melakukan  sesuatu (kerja). Karena sebenarnya dengan kamu belajar, berlatih, dan dalam prosen mencari ilmu itulah kamu akan mendapatkan banyak hal” (kira2 itu yang saya ingat 7 tahun yang lalu)

Dan saya sangat setuju dengan analogi beliau, dengan kita belajar kita jadi tahu lebih banyak hal, menumbuhkan ide, mengembangkan mental pejuang (karena rata2 kuliah/ sekolah itu penuh perjuangan), misal harus belajar untuk ujian, mengerjakan tugas, kejar deadline TA, kemudian belajar bersosialisasi dengan teman dan banyak lainnya.

Saya jadi paham, ketika kita memiliki dan pernah belajar sesuatu, memang bukan berarti ilmu tersebut akan benar2 diaplikasikan pada kehidupan. Misal seorang sarjana art tidak harus menjadi seniman, sarjana ekonomi harus jadi ekonom.

Dan banyak sekali orang yang menjadikan sekolah itu sebuah kenikmatan, dimana dia bisa menemukan banyak hal.

Saya juga pernah punya kenalan, yang menambah pikiran saya jelas tentang hal ini. Waktu sma dia memilih jurusan bahasa, waktu kuliah dia memilih jurusan mesin tapi ketika bekerja dia memilih menjadi seorang kameramen / sutradara film dokumenter. Waktu saya tanya kenapa, dia dengan santai menjawab “karena waktu sma saya pengen belajar bahasa, waktu kuliah pengan tahu lebih banyak hal tentang mesin dan saya menikmati pekerjaan saya sekarang“. Lalu, jika ditanya, kemana ilmu2 itu berguna. Dan ternyata tetap berguna seperti ketika dia berdebat dengan saya tentang susunan kata pada proposal yang kebetulan saya buat dengannya. Heheee…

Tidak berarti semua ilmu itu akan diaplikasikan seketika, jadi jangan mengecilkan sebuah ilmu dengan pertanyaan nanti jadi apa setelah kamu punya ilmu tertentu.

Memang, manusia memiliki kapasitas ingatan terbatas. Tapi percayalah jika kamu diberi kesempatan untuk tahu sesuatu, Insya Allah, ilmu itu akan menolongmu.

Jadi semangat ya yang masih mencari ilmu (sekolah / kuliah) 🙂

2 responses to “belajar untuk apa?

Leave a Reply

